Thursday 9 February 2017

Nanda

Perbedaan Kayu Stigi Asli Dan Palsu

Jual kayu stigi Surabaya yang popeler ini banyak sebutannya antara lain Kayu Drini atau Kayu Stigi, Kastigi, Santiki atau santigi atau Mantigi dll. Dalam media Mistik Supranatural sejak jaman dulu Kayu Stigi sangat digandrungi banyak orang, bahkan sebagian masyarakat menganggap sebagai "Raja Kayu Bertuah", karena diyakini bertuah untuk keselamatan, anti black magic, anti gigitan ular dan dijauhi ular.

Selain itu rendaman kayu dalam air juga berkhasiat mengobati penyakit perut. Jika ditempelkan bagian tubuh yang tergigit atau tersengat binatang berbisa sperti ular dan kalajengking dapat melekat kemudian menghisap bisa yang berada di dalam tubuh korban hingga habis lalu kayu Stigi terlepas dari kulit dengan sendirinya.

Di sisi lain, kayu Stigi jika berada di tangan orang yang berprilaku baik, dapat menjadi “pembangkit” kekuatan spiritualnya. Konon kayu stigi ini digunakan Sunan Nyamplungan untuk memukul ular edor yang menggigitnya pada saat mengadakan perjalanan di hutan Karimun Jawa sehingga Sunan Nyamplungan menjadi marah dan bersabda yang membuat ular edor menjadi rabun.

Sejak zaman dulu, kayu Stigi sudah banyak dimanfaatkan terutama oleh para jawara agar “tahan pukul” dan memperkuat pukulan. Dan istimewanya, meskipun sudah terjadi pergeseran orientasi hidup di zaman modern ini, stigi tetap populer meskipun untuk pemanfaatan yang berbeda. Pada saat ini aura stigi lebih difungsikan orang untuk meningkatkan daya kharisma dan wibawa terutama bagi para pemimpin.

Kayu Stigi secara alami memang sudah memiliki energi dan daya metafisika tertentu. Kayu bertuah itu bukan hanya cerita belaka, bagi anda yang mampu menerawang akan tahu bahwa kayu ini memiliki kandungan energi metafisika yang cukup kuat dan umumnya bersifat menarik atau menyedot sehingga diharapkan apa yang diniatkan akan segera terwujud dan harga kayu stigi cukup terjangkau.

Pohon kayu Stigi dulu banyak dijumpai dipantai selatan Jawa khususnya dipantai Krakal sebelah timur Baron, Gunung Kidul, walaupun menurut beberapa orang, kayu ini juga ditemukan didaerah pantai lain. Akibat banyak dicari harga kayu stigi semakin naik maka kayu ini terancam punah, kelangkaan ini membuat harganya sangat mahal, biasanya pohon Stigi ini tumbuh ditanah kapur yang banyak mendapat angin laut atau sering terendam air laut.

Karakter kayunya keras, kuat dan dinamis, selain itu serat kayunya yang keras dan anti hama serta semakin lama dipakai akan semakin indah dan tua dengan kilap gesekan jari jemari. Kayu yang kering akan berbau harum bila digosok dengan ujung jari.

Dilihat dari habitat tumbuhnya ada 2 (dua) jenis Pohon Stigi : Stigi Laut : Biasa tumbuh didaerah pesisir pantai, warnanya coklat tua dan semakin lama tersentuh tangan maka warnanya akan semakin tua/coklat tua kehitam-hitaman. harga kayu stigi Laut waktu muda warnanya putih agak kekuning-kuningan tapi lama kelamaan akan berubah menjadi coklat tua.

Stigi Darat : Biasa tumbuh dibukit-bukit tandus dan berbatu warna kayunya coklat kehitaman dan semakin lama akan semakin hitam. Karena tempat tumbuhnya dihimpit benda keras maka Kayu Stigi Darat memiliki serat/tekstur kayu lebih kasar atau tidak merata(Belang-belang).